Sekda Asahan: Program PKK Harus Selaras Visi Misi Pemkab Asahan

PKK Asahan gelar rakornis

topmetro.news – TP PKK Asahan gelar rakornis (rapat koordinasi teknis) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Selasa (26/10/2021).

Tampak hadir Sekda Asahan John Hardi Nasution MSi, OPD, dan camat. Hadir juga, Ketua TP PKK Asahan, Ketua Dharma Wanita Asahan, Ketua TP PKK Kecamatan dan undangan lainnya.

Kadis PMD Asahan M Azmy Ismail AP mengatakan, tujuan rakornis untuk meningkatkan kerjasama kepengurusan TP PKK Asahan, OPD, dan TP PKK Kecamatan.

Selanjutnya, membangun persamaan persepsi dan keterpaduan dalam pengelolaan gerakan PKK dan merumuskan program kerja PKK. Serta upaya memecahkan masalah terhadap aspek kelembagaan, program dan administrasi PKK.

Ketua PKK Asahan Hj Titiek Sugiarti Surya menyampaikan harapannya kepada PKK Kecamatan dan PKK Desa/Kelurahan, agar dapat menjalankan program kerja dengan rasa tulus dan ikhlas.

“Kepada camat dan Kepala Desa/Lurah, saya berharap dapat membantu PKK Kecamatan dan PKK Desa/Kelurahan dalam menjalankan program kerja PKK di wilayahnya,” kata Hj Titiek.

“Kami siap membantu Pemkab Asahan dalam mensukseskan visi dan misi Pemkab Asahan sejahtera, religius dan berkarakter. Karena PKK Asahan merupakan mitra Pemkab Asahan,” lanjutnya.

Pesan Bupati Asahan

Bupati Asahan melalui Sekda menyerahkan piagam penghargaan lomba swadaya gotong royong masyarakat di beberapa desa. Antara lain, Desa Gunung Berkat Kecamatan Bandar Pulau, Desa Tanjung Alam Kecamatan Sei Dadap, dan Desa Sei Silau Tua Kecamatan Setia Janji.

Kemudian piagam penghargaan lomba posyandu kepada Desa Rahuning Kecamatan Rahuning, Desa Sei Silau Barat Kecamatan Setia Janji, dan Desa Perkebunan Bandar Selamat Kecamatan Aek Songsongan.

Bupati Asahan dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Sekda berharap program dan kegiatan PKK dapat diselaraskan dengan visi misi Pemkab Asahan. Sehingga pelaksanaan program PKK dan pemerintah dapat selaras dan saling mendukung, bersinergi dan berkesinambungan. Yakni mulai desa/kelurahan, kecamatan, hingga kabupaten.

“Hendaknya kader PKK tahu, mau dan mampu menjadi garda terdepan dalam mewujudkan keluarga berkualitas, bermoral, pendidikan kesehatan, sosial budaya, ekonomi dan lingkungan hidup,” katanya.

Di samping itu ia berharap, gerakan PKK dapat melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik, sebagaimana tujuan pembangunan nasional.

“Di masa Pandemi Covid 19 ini, gerak kita menjadi terbatas untuk melakukan pembinaan. Namun saya berharap PKK tetap aktif melakukan pembinaan dengan memanfaatkan sarana teknologi. Sehingga bagaimanapun kondisi kita tetap dapat berperan aktif untuk melakukan pembinaan terhadap pemberdayaan keluarga,” katanya.

Sebagai narasumber adalah Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Ir Hafni. Ia mengusung topik: Optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan pagan lestari. Kemudian, Kabid Pembinaan Paud dan Pendidikan Nonformal Dinas Pendidikan Musa Al Bakri MSi. Topiknya: Pendidikan holistik integratif bagi anak usia dini. Lalu, Kabid Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Ir Poniran, dengan topik: Pengelolaan koran bekas.

penulis | EN

Related posts

Leave a Comment